Pembahasan Tentang Virus Komputer

13 Pembahasan Tentang Virus KomputerPembahasan Tentang Virus Komputer, Virus komputer adalah bagian berbahaya dari kode komputer yg dirancang untuk menyebar dari perangkat ke perangkat. Sebuah subset dari malware, ancaman penyalinan diri ini biasanya dirancang untuk merusak perangkat atau mencuri data.

Pikirkan tentang virus biologis – jenis yg membuat Anda sakit. Ini terus-menerus jahat, membuat Anda tidak berfungsi secara normal, dan seringkali membutuhkan sesuatu yg kuat untuk menghilangkannya. Virus komputer sangat mirip. Dirancang untuk mereplikasi tanpa henti, virus komputer menginfeksi program dan file Anda, mengubah cara komputer Anda beroperasi atau menghentikannya bekerja sama sekali.

Baca juga artikel teknologi kami yang lainnya seperti Teknologi Smartphone Tahun 2021

Pembahasan Tentang Virus Komputer

Apa yg di lakukan virus komputer?

Beberapa virus komputer diprogram untuk merusak komputer Anda dengan merusak program, menghapus file, atau memformat ulang hard drive. Virus lainnya akan menggandakan diri lalu menyebar melalui jaringan dengan trafik yang cukup tinggi. Sehingga memungkinkan virus tersebut dapat menginfeksi komputer korban melalui aktivitas internet.

Bahkan virus komputer yg kurang berbahaya bisa secara signifikan mengganggu kinerja sistem Anda, menguras memori komputer dan menyebabkan komputer sering mogok.

Pada tahun 2013, virus botnet Gameover ZueS ditemukan memakai situs pengunduhan peer-to-peer untuk mendistribusikan ransomware dan melakukan penipuan perbankan. Sementara puluhan ribu virus masih berkeliaran di internet, mereka telah mendiversifikasi metode mereka dan sekarang bergabung dengan sejumlah varian malware seperti worm, Trojan, dan ransomware.

Bagaimana komputer terkena virus?

Bahkan apabila Anda berhati-hati, Anda bisa mengambil virus komputer melalui aktivitas Web normal seperti:

  • Berbagi musik, file, atau foto dengan pengguna lain
  • Mengunjungi situs web yg terinfeksi
  • Membuka email spam atau lampiran email
  • Mengunduh permainan gratis, bilah alat, pemutar media, dan utilitas sistem lainnya
  • Menginstal aplikasi Software utama tanpa membaca perjanjian lisensi secara menyeluruh

Bagaimana virus komputer menyebar?

Virus bisa menyebar melalui beberapa cara, termasuk melalui jaringan, disk, lampiran email, atau perangkat penyimpanan eksternal seperti stik USB. Karena koneksi antar perangkat dulunya jauh lebih terbatas daripada hari ini, Virus awal biasanya menyebar melalui floppy disk yg terinfeksi.

Saat ini, tautan antara perangkat yg mendukung internet adalah untuk umum, memberikan banyak peluang bagi virus untuk menyebar. Menurut US Cybersecurity and Infrastructure Security Agency, lampiran email yg terinfeksi adalah cara paling umum untuk menyebarkan virus komputer. Sebagian besar, tetapi tidak semua, virus komputer mengharuskan pengguna untuk mengambil beberapa bentuk tindakan, seperti mengaktifkan “makro” atau mengklik tautan, untuk menyebar.

Apa saja gejala virus komputer?

Komputer Anda mungkin terinfeksi apabila Anda mengenali salah satu gejala malware berikut:

  • Performa komputer lambat
  • Perilaku komputer yg tidak menentu
  • Kehilangan data yg tidak bisa dijelaskan
  • Komputer sering crash

Bagaimana Cara Menghilangkan Virus PC?

Antivirus telah membuat kemajuan besar dalam mengidentifikasi dan mencegah penyebaran virus pc. Namun, ketika perangkat terinfeksi, menginstal solusi antivirus masih merupakan pilihan terbaik Anda untuk menghapusnya.

Setelah diinstal, sebagian besar Software akan melakukan “pemindaian” untuk program jahat. Setelah ditemukan, antivirus akan menampilkan opsi untuk menghapusnya. apabila ini bukan sesuatu yg bisa di laksanakan secara otomatis, beberapa vendor keamanan menawarkan bantuan teknisi untuk menghapus virus secara gratis.

Contoh Pembahasan Tentang Virus PC

Pada tahun 2013, virus botnet Gameover ZueS ditemukan memakai situs pengunduhan peer-to-peer untuk mendistribusikan ransomware dan melakukan penipuan perbankan. Sementara puluhan ribu virus komputer masih berkeliaran di internet, mereka telah melakukan diversifikasi metode dan sekarang bergabung dengan beberapa varian malware seperti:

  • Worms – Worm adalah jenis virus yg, tidak seperti virus tradisional, biasanya tidak memerlukan tindakan pengguna untuk menyebar dari perangkat ke perangkat.
  • Trojan – Seperti dalam mitos, Trojan adalah virus yg bersembunyi di dalam program yg tampaknya sah untuk menyebarkan dirinya ke seluruh jaringan atau perangkat.
  • Ransomware – Ransomware adalah jenis malware yg mengenkripsi file pengguna dan meminta tebusan untuk pengembaliannya. Ransomware bisa, tetapi tidak selalu, menyebar melalui virus PC.

Perlindungan virus PC

Saat Anda mempersenjatai diri dengan informasi dan sumber daya, Anda akan lebih bijak dalam menghadapi ancaman keamanan komputer dan tidak terlalu rentan terhadap taktik ancaman.Gunakan langkah-langkah berikut ini untuk mengamankan PC kalian dengan pertahanan virus paling baik:

  • Gunakan perlindungan antivirus dan firewall
  • Dapatkan Software antispyware
  • Selalu perbarui perlindungan antivirus dan Software antispyware Anda
  • Perbarui sistem operasi Anda secara teratur
  • Tingkatkan pengaturan keamanan browser Anda
  • Hindari Situs Web yg meragukan
  • Hanya unduh Software dari situs yg Anda percayai.
  • Evaluasi Software gratis dan aplikasi berbagi file dengan cermat sebelum mengunduhnya.
  • Jangan buka pesan dari pengirim yg tidak dikenal
    Segera hapus pesan yg Anda curigai sebagai spam

Komputer yg tidak terlindungi seperti pintu terbuka bagi virus. Firewall memantau lalu lintas Internet masuk dan keluar dari komputer Anda dan menyembunyikan PC Anda dari scammer online yg mencari sasaran empuk.

Item sep[erti Webroot Internet Security Complete dan juga Webroot Antivirius akan memberikan pertahanan lengkap dari dua jenis serangan paling berbaya dalam ber’internet (Spyware dan virus). Mereka mencegah virus memasuki komputer Anda, berjaga-jaga di setiap kemungkinan masuknya komputer Anda dan menangkis virus apa pun yg mencoba membuka, bahkan virus yg paling merusak dan licik.

Meskipun unduhan antivirus gratis tersedia, mereka tidak bisa menawarkan bantuan virus yg Anda perlukan untuk mengikuti serangan gencar virus baru yg terus-menerus. Bentuk malware polimorfik yg sebelumnya tidak terdeteksi sering kali bisa menyebabkan kerusakan paling parah, jadi sangat penting untuk mempunyai perlindungan antivirus terbaru yg terjamin.

Virus terkenal lainnya

  • Mimail: Worm ini mencoba mengumpulkan data dari mesin yg terinfeksi untuk meluncurkan serangkaian serangan DDoS, tetapi relatif mudah untuk dihapus.
  • Yaha: Worm lain dengan beberapa varian, dianggap sebagai hasil dari perang cyber antara Pakistan dan India.
  • Swen: Ditulis dalam C++, worm komputer Swen menyamar agar terlihat seperti pembaruan OS 2003. Pengeluaran yang telah di keluarkan kurang lebih $10,4 milliar tetapi tidak membuahkan hasil.
  • Storm Worm: Worm ini muncul pada tahun 2007 dan menyerang jutaan komputer dengan email tentang cuaca buruk yg akan datang.
  • Tanatos/Bugbear: Virus keylogger 2002 yg menargetkan lembaga keuangan dan menyebar ke 150 negara.
  • Sircam: Sebuah worm komputer dari tahun 2001 yg memakai email palsu dengan baris subjek, “Saya mengirimkan file ini untuk mendapatkan saran Anda.”
  • Explorezip: Worm ini memakai email palsu untuk menyebar ke setiap mesin di ribuan jaringan lokal.
  • Melissa: Virus paling berbahaya pada tahun 1999, Melissa mengirim salinan dirinya sendiri yg tampak seperti gambar NSFW. FBI AS memperkirakan biaya pembersihan dan perbaikan mencapai $80 juta.
  • Flashback:Merupakan sebuah virus yang di ciptakan khusus untuk sistem operasi komputer Mac. Virus flashback ini telah menjangkih 600 rb komputer mac di tahun 2012. Bahkan virus ini sempat menginfeksi home base dari Apple yang berada di Cupertino, Clifornia. Di tahun 2020 terdapat lebih banyak lagi jenis virus di komputer Mac daripada untuk PC dengan sistem operasi Windows.
  • Conficker: Virus 2009 ini masih menginfeksi banyak sistem lama dan bisa menyebabkan kerusakan signifikan apabila diaktifkan.
  • Stuxnet: Worm ini dilaporkan telah menghancurkan sentrifugal nuklir Iran dengan mengirimkan instruksi yg merusak.

Perbedaan antara virus dan worm adalah bahwa virus membutuhkan program lain untuk membuatnya bekerja, seperti pengolah kata atau browser web. Sebaliknya, worm mandiri dan bisa menjalankan, menyalin, dan mengirim salinan dirinya sendiri. Beberapa Pembahasan Tentang Virus Komputer yg paling berbahaya sebenarnya adalah worm.